Grebeg Suro dan Festival Reog Nasional ke-14

Suro, Sapar, Mulud, Bakdo Mulud, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rejeb, Ruwah, Poso, Bodo, Selo, Besar…

Itulah nama-nama bulan dalam penanggalan Jawa yang menganut sistem Qomariyah. Bulan pertama adalah Suro. Kali ini bertepatan dengan tanggal 10 Januari 2008. Jadi sebentar lagi tahun baru Jawa!

Orang Jawa menyebut tahun baru itu sebagai Grebeg Suro

Nah, dalam rangka memeriahkan Grebeg Suro tersebut, pada tanggal 5 hingga 10 Januari 2008, Ponorogo mengadakan perhelatan akbar tahunan berjuluk Festival Reog Nasional XIV bertempat di Aloon-aloon Ponorogo

Beberapa acara pendukung juga digelar di lokasi yang sama, diantaranya:

  • Pameran Bonsai
  • Pameran Industri Kecil dan Produk Unggulan
  • Pameran Adenium
  • Pameran Lukisan
  • Pameran Tanaman Hias
  • Pameran Potensi Pariwisata

Acara lain yang tak kalah menarik adalah Kirab Pusaka dan Larung Risalah Do’a. Kirab Pusaka adalah prosesi napak tilas, berjalan kaki dari Kota Lama menuju Kota Baru. Sedangkan Larung Risalah Do’a adalah prosesi do’a bersama yang dilaksanakan di Telaga Ngebel. Dulunya acara ini bernama Larung Sesaji. Tapi karena dianggap musyrik, maka nama dan acaranya diganti, hanya tempatnya yang masih sama

..

Nah… inilah saat yang tepat untuk berkunjung ke Ponorogo..

Saksikan Festival Reog-nya..

Jangan lupa nikmati keindahan alam di Telaga Ngebel-nya..

Jangan lupa minum Dawet Jabung-nya..

Jangan lupa nikmati kelezatan sate-nya…

Dan buat oleh-oleh, jangan lupa borong cinderamata-nya…

Ya… ya…

Oia, jangan lupa foto-fotonya!!! :D

..

Selamat berwisata ke Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia…

About these ads

29 thoughts on “Grebeg Suro dan Festival Reog Nasional ke-14

  1. Bener, Mas. Tidak ada acara yang paling ramai di Ponorogo kecuali grebeg suro. Berbagai macam lomba digelar disana.

    Konon menurut kepercayaan masyarakat di sana pada malam 1 syuro tersebut banyak membawa berkah terutama bagi seseorang yang ‘melekan’ sampai pagi.

    Salah satu berkah yang sering disebut-sebut adalah akan mendapat jodoh, ya tentu saja bagi yang masih bujang.

  2. @alief: yang pertama kena banjir adalah ponorogo dan sekitarnya… kemudian merembet ke lamongan, tuban… dsb..

    @STR: menyusul pak dhe..

    @Edipsw: betul pak. malam 1 suro banyak warga tirakatan alias melekan semalam suntuk bersama tetangga..

  3. wah jadi teringat tahun 1997.pertama kali dan baru itu sy liat grebeg suro.walaupun udah lama di ponorogo tapi baru sekali bisa menikmati acara grebeg suro.maklum di pondok tidak boleh keluar..he..he..
    oke smoga sukses acaranya.ditengah keadaan reog ponorogo yang diklaim malaysia.semoga acaranya tambah sukses dan kita tunjukan ke dunia bahwa reog itu asli ponorogo.

  4. wah…gue seih bgt yach gak bs liat kirap pusaka dulu,waktu d smea PGRI aku pernah ngikut jadi dayang,,,TP berdoa za dr jakarta mg ponorogo sukses,aman,,,AMIN

  5. Gue aslinya dari pelosok bgt,dari banaran ,pulung,ponorogo,ndueso bgt tp gue mo sukses d ibukota biar kayak tukul wong ndeso tapi rezekine kutho

  6. DULU, 1 SURO ORANG PONOROGO HANYA KELUAR RUMAH JALAN JALAN TANPA TUJUAN SAMPAI PAGI HARI, TAPI KINI TELAH DI UBAH MENJAI ACARA WISATA …..
    WIH…. RAMAI… ( REJO BANGET)

  7. grebeg suro adalah hiburan waga ponorogo dan sekitarnya,salah satu kegiatan yang digelar adalah FESTIVAL REYOG NASIONAL pda tahun 08 kmaren peserta nya mengalami peningkatan dari pda tahun kmaren yaitu sebanyak 32 group dri seluruh nusantara.smoga tahun2 yg akan datang pesertanya lebih banyak lgi.

  8. Q juga orang asli ponorogo.bila kesenian reog ponorogo di ambil oleh malaysia apa sahabatku yg di ponorogo setuju?bila tidak kita harus melestarikannya.

  9. reog-ku,,,,, Ponorogo-ku
    tapi sayang tahun kemarin q gak pulang pas grebeg suro.
    nyesel duech…………………………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s