Cara mengisi baterai HP baru

Anda pasti pernah beli handphone baru, kan? Apa yang dikatakan oleh penjualnya tentang prosedur mengisi baterai untuk pertama kalinya?

“Pengisian pertama selama 8 jam penuh dalam kondisi handphone mati”

Sudah beberapa kali saya mendengar seperti itu. Awalnya saya langsung percaya. Mereka kan yang jualan, pasti punya product knowledge yang bagus. Alasan yang cukup rasional untuk memercayai kata-kata seseorang.

Namun karena curiga, saya baca dengan seksama seluruh isi manual book yang disertakan. Ternyata tidak ada satu kalimat pun yang menyatakan demikian. Tidak mungkin produsen handphone yang di bukunya menuliskan begitu detail tiap prosedur pengoperasian dan hal-hal yang berhubung dengannya (seperti anjuran untuk menjauhkan dari jangkauan anak-anak), kemudian lupa menuliskan prosedur pengisian seperti yang dikatakan penjual tersebut.

Kesimpulan saya, penjual-penjual handphone tersebut selama ini telah melakukan kebohongan publik berjamaah! Jangan percaya!

Inilah petunjuk pengisian baterai HP baru yang benar yang saya simpulkan dari beberapa buku manual handphone Nokia dan SonyEricsson:

  1. Gunakan hanya charger yang sesuai dan diijinkan untuk type handphone tersebut
  2. Baterai baru akan terisi secara optimal setelah 2 hingga 3 kali pengisian dan pengosongan. Maksudnya, isi baterai baru tersebut sampai penuh dan gunakan sampai habis baru diisi kembali, sampai 2 atau 3 kali siklus, baru baterai tersebut akan mencapai titip optimalnya untuk menampung daya listrik
  3. Segera cabut charger dari handphone setelah baterai penuh. Membiarkan charger tetap menancap dengan arus yang terus mengalir akan memperpendek umur baterai!. Dan inilah yang terjadi ketika Anda mengisi baterai HP baru selama 8 jam seperti yang dianjurkan oleh penjual handphone itu! Maksud hati supaya baterai terisi benar-benar penuh tetapi malah memperpendek umur baterai! (perhatikan point 2)
  4. Ketika pengisian, usahakan tidak menggunakan handphone tersebut. Biarkan diam di tempat! Menggunakan handphone saat sedang diisi akan mengakibatkan lamanya waktu pengisian dan bisa memperpendek umur baterai!
  5. Handphone boleh diisi dalam keadaan on atau off.

JIka Anda menemukan bukti yang bisa membantah informasi dalam tulisan ini, silakan hubungi saya. Selama bukti tersebut valid, saya bersedia meralat. Demi kebaikan bersama! :)

.

.

.

.

Istana Hosting™: Domain & Hosting Surabaya Indonesia.

HOTLIRIK: Cari lirik tinggal klik!

About these ads

118 thoughts on “Cara mengisi baterai HP baru

  1. wah mantap sekali bro… sy juga sering dapat kata2 itu… :D
    saya sih tetap mengisi baterai kalo udah penuh cabut :D

  2. saya biasa tetap menyalakan hp waktu dicharge. sering juga hp menyala dan dicas semalaman karena ditinggal tidur :)

  3. Wakakaka sayah ga pernah charge sampe 8 jam dalam keadaan mati… abis dah gatel ajah pengen kutak kutik… maklum baru kesampean punya… itu pun klasik (alasannya kolektor)

  4. Wah yo ojo langsung nyekak ‘jangan percaya!’ ngono to det. ndak sopan itu.. mana ponorogomu??
    ya yg alus dan lebih elegan lah..

    kapok gak kowe tak kritik?

    *kabur naik sepeda ontel, dikejar sama si det, saya tkejar. si det menghentikan pedah saya. saya ktakutan. lalu si det ngrogoh saku clananya. ngeluarin duit satu juta. ‘nyoh le, tukuo hape..’
    saya sumringah bin bungah..*

  5. hum…
    yah.. kitanya ajah yang males baca manual.. mpe percaya aja apa kata penjualnya :p

  6. walah, lek aku nyoba gak isok yoh…… soale hapene mari kosong, tak tak ganti nganggo batere ABC, tapi gak iso mlebu, terus tak pekso, tetep gak iso, tak dungoni, gal iso lapo2, akhire tak belekno batere hape, tak ces maneh baru isok maneh……

    *gak penting mode : on*

  7. hem..
    malah gak pernah nggatekno ngono kui..
    mari tuku langsung ces, dinyalakno mari ngono digawe

    ngko lek 3 dino wes drop yo dibalik no
    njalok ijol, kan garansi seminggu biasae ;)

  8. kebiasaan sales agent ya begitu, mereka hanya ikut apa kt sales tetangga, mereka gak pernah baca buku manual tiap2 HP lagi .. hehe

  9. wah petunjuk yang bagus!
    sayangya saya kalau beli hape slalu yang second, jadi cara ini belum bisa saya pakai, kekekekeke :mrgreen:

  10. Penjual bilang begitu agar baterainya cepat drop, dan akhirnya memberi baterai yang baru.

    Kalau nggak gitu, kan nggak laku-laku.
    Hehehe…

  11. hmm…mw sdkit komentarin nih..

    masalah ngecharge hape yang kalo udah penuh harus cepet dicabut dari chargenya.
    Gie pernah baca di tabloid pulsa, tapi ni pada merk nokia. ga taw lagi kalo di merk laen berlaku juga ato ga.
    kata ahlinya, nokia keluaran tahun 2007 ke atas, udah punya sistem sendiri , komponen ato apalah namanya yang bisa otomatis ga nerima arus listrik lagi pas ngecharge kalo batre hape udah keisi penuh.
    jadi ga perlu khawatir kalo lupa cabut charger..

    sekian,
    trima kasih ^_^

  12. wah wah, berarti selama ini masyarakat termakan petunjuk yang alah donk..
    Hahah..
    dasar oon reeek,
    *hobi ngecharge hp sambil telpon*
    berarti yang oon sapa? :P

  13. sampeyan bener, gak perlu ngecas ampe 8 jam, tapi nurut aku hp sekarang udah dilengkapi sistem berhenti ngecas otomatis klo batere penuh jadi gak perlu kuatir overload, masa kamu mau tongkrongin hp yg lagi ngecas ampe penuh, gak duwe kerjaan apa..?

  14. setuju….

    Maksudnya, isi baterai baru tersebut sampai penuh dan gunakan sampai habis baru diisi kembali, sampai 2 atau 3 kali siklus

    tapi “katanya” batre polimer ndak boleh dipakai sampai habis? karena “katanya” akan ketahanan batre berkurang, “katanya” lho :)

  15. aduh pada ke tipu yahh
    untung ane gak pernah nge charger ampe 8 jam gitu. maklum ane belom pernah beli hp baru. secenn mulu

  16. Aku baru aja beli hp baru, dan karena punya pemikiran ‘agak aneh’ mengenai pen charging’an hp baru akhirnya aku ikutin kata hati, nge charge cuma 2,5 jam saja sesuai manual instruction. Memang hubby langsung protes karena harus 12 jam katanya…tapi aku cuek. Hari sudah hari ke 3 dan batre baru masih belum habis2 yang notabene berarti pengisian sudah dilakukan dengan benar. Setuju, setuju, bener tuh! ikut petunjuk aja..

  17. saia baru beli baterai baru ori nh..pas dimasukin ke hp..saya nyalain hp saya gk bs nyala ~.~”,
    nh saya lngsng cas dah cm gk tau ampe kapan yahhh???dsuruhnya sh 8 jam..dah 1 jaman lbh saya cas
    mo coba nyalain hp saia msh gk bs..apa normal yahh ??duhh saya jadi ragu apa saya dtipu nh ama penjualnya..
    ada yang bisa bantu saia?
    thanks

  18. iya emang, aku juga ragu cara pengisian baterei hp yang baru. soalnya thn kmaren aku beli hp cdma yang baru, kata penjualnya, hpnya dices dalam keadaan mati selama 6 jam.
    pas tadi malam aku beli lagi hp gsm baru dengan merk lain ditoko yang berbeda, anjuran yang sama juga disampaikan penjualnya.

    dari situ aku mulai curiga dan setelah membaca manualnya ternyata pengisian baterei berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam dari kosong sampai terisi penuh dan segera dilepas karena pengisian baterei yang berlebihan dapat memperpendek umur baterei.

  19. Kayaknya dah pada setuju kalo necas batre baru pertama 8 jam adalah bohong.
    Saya juga sependapat.
    Tapi kalo soal ngecas kalo sudah penuh harus segera dicabut, kok masih pada percaya?
    Kalo ini saya tidak sependapat.
    Emang gak ada kerjaan kok mantengin layar hape cuman buat nungguin batre hape penuh.
    Sejak gue pake sony ericsson mulai taon 2001, gue ngecas suka2 gue aja. Sama sekali gak ngikutin petunjuk. Nyatanya sampe gue bosen ama tuh hape (yg rata2 gue pake 2tahunan) trus gue jual, batre tetep bagus tahan pemakaian normal 2-3hari (sms, telepon, gprs).
    Apa sebenernya isu ginian muncul dari pemilik nokia, soalnya hape yg paling banyak populasinya adalah nokia. Diatas ada yg bilang hape nokia keluaran diatas 2007 dilengkapi pemutus otomatis. Lha berarti teknologi ginian nokia baru2 aja nerapinnya to?
    Trus saya bandingkan juga gerakan bar batre pas proses pengisian batere antara nokia ama soner. Kalo soner setiap kali ada peningkatan isi batre, gerakan barnya bukan lagi dari paling bawah. Misal pengisian sudah mencapai 90%, maka bar 1 s/d 8 diem, yg bergerak cuma bar 9 – 10 aja. Jadi kalo udah 100% semuanya diem dan bar penuh, sekaligus pengisian terputus. teknologi ginian sudah ada di hape erricson sejak saya punya T28.
    Baru kali ini saya beli nokia, type E63. Kok pas pengisian gak ada info sekarang ngisinya dah brapa persen gitu? Lha gimana kita mo nurutin anjuran begitu penuh langsung cabut? Lha wong indikator pengisian tetep jalan dari bawah sampe atas. Akhirnya ya tak cas tengah malem, subuhan cabut, gitu aja.

  20. pren, ane mo tanya neh, mungkin ada yg bisa bantu ane..: -trus gimana kalo nge cas batre na sbentar2, alias dikit2 di cas. sekali ngecas ga sampe penuh.
    -apa trik di atas bisa di terapin di batre yang bukan baru
    tks…

  21. mo nanya nih,,, kan barusan bru bli hape soner,,, kata penjualnya y gitu 8jam, tpi pas aq nyalain dah 1/2 keisi, trus aq tancep kira2 2 jam dah full (aq tinggal liat tv ^^) trus aq cabut deh,,, kira2 udah bner g y caraq ? jdi bingung aq T__T

  22. nokia 580*, gw charge 6 jam.. baru sehari udh abis batre ni lg d cas, udh pnh tp msh gw colok, gmn nih???

  23. ketika “surat” ini saya tulis, 3 jam yg lalu saya baru saja membeli Nokia E63.
    Dan saya memang tidak menemukan “Arahan” yang mengatakan bahwa ” Hp baru harus di cas untuk prtama kali mulai dari 5 – 8 jam” dalam setiap buku petunjuk yang diberikan.

    Ya bisa jadi dahulu mungkin…seiring perkembangan peraturan itu ngak dipake lagi..

  24. mantap, itu akal2-an dari penjualnya bro. biar cepet rusak khan kita biar beli hp baru lagi…

  25. Apa bener hrs 3X pengisian, baru bnr2 baterai bisa full? Soalnya aku baru beli, sekali isi cuma tahan 5 jam.

  26. Di cas ampe penuh,lalu di pake ampe abis…mksudnya ampe Hape mati ndiri gt ya???
    ato,sampai low bat doank…

    1. Thx infonya bro.. Kalau batre baru beli masih kurang optimal ya? Tadi gw liat, katanya kalo batre jenis polymer itu gaboleh sampe abis total? Bener ga sih?

  27. Y jaman dulu kan batere pake Ni-Cadmium,tu batere mmg kudu dcas lama dl soale ada efek ‘memori’ gt. Tp jaman skrg,batere pake lithium,lha lithium wes ga usa dcas suwe2 gt.

  28. wah, makasi bgt infonya, saya juga pernah dapat info seperti itu, dua2nya ada yg bilang harus 8 jam, ada yg bilang ketika penuh. tapi d manual book atau buku panduannya, memang hanya dsebutkan isi hingga penuh, jadi hape baru saya, hanya saya isi hingga penuh, setelah membaca artikel ini (jadi tambah yakin).
    makasih bgt infonya :)

  29. kmrn saya beli baterai nokia Bp-4L buat Communicator saya
    (original)
    dr nokia care pusat penjualan
    selain itu saya juga menanyakan kpd penjual ”
    saya : gmn sih biar baterai awet gak gampang gelembung ”
    penjual menjawab : kalau mengisi baterai dalam keadaan off saja, klo lagi on pengisihan baterai tidak maksimal (lama) dan memperpendek umur baterai (batrerai cepat panas)
    saya : oow spti itu yach, terus saya tanya lagi ” mas klo ngecas baterai pertama kali berapa jam ???
    si penjual menjawab : 6 jam untuk pengisian pertama (dalam keadaan off)
    saya : ok terimakasih informasinya mas …

    dari rumah saya ragu dan bertanya2 benarkah 6 jam
    padahal pengisian baterai kan ndak sampai berjam jam lebih dr itu, ndak rasionalkan

    saya takut dan bingung
    dan ahirnya
    saya cari informasi di google
    dan ternyata
    saya mendapatkan jawaban spti diatas (rasional)
    nah dgn informasi diatas saya ucapkan banyak terima kasih
    dan skrg saya tau apa yang harus saya lakukan :)

  30. saya baru beli hp LG, dan di buku petunjuknya menyuruh untuk mengeces semalam….jd untuk LG kayaknya emang harus di ces semalem. tp gak tau kalo merek kurang tau…

  31. och begitu ya mas tips mengisi batre? Soalx saya jg bingung cara mengisi batre yg yg tepat.saya khan 3 hari yg beli hp yg baru trus kata penjualx pengisian pertama 4-6 jam. Jd saya cas 6 jam.apakah btre saya bsa drop ya?

  32. mas saya kan baru beli baterai baru,trus saya ikuti petunjuk yang ada diatas…
    Tapi kok baterai ku gak dapet titik optimalnya sih…
    Udah 5 kali nguras dan ngisi baterai kok masih belum dapet titik optimalnya juga kenapa ya?

  33. saya kan baru beli baterai baru.
    Terus saya sudah mengikuti petunjuk yang ada diatas itu…
    Tapi setelah saya menguras dan mengisi kembali hp sampai 2-3 kali berturut2 tapi kok belum juga mencapai titik optimal baterai tersebut, kenapa ya?malah sampai 10 kali siklus belum optimal juga.

  34. Tepat sekali… q charge 8 jam batere BP 4L aku hasilnya ngga lama kemudian jadi gendut tuh batre and mati ha ha… Ne ge ngecharge yg baru beli… (smoga ga ketiduran)

  35. kalo ak sih..
    langsung make mati lgsg di charge tapi belon keisi pnuh lgsg dicabut….
    tapi kok baterai’a cpat low n bngkak sii?

  36. Salud’s… Saya mendukung tsb di atas..,
    Pasti setiap Counter sdh secara automatis sampaikan hal tsb, bahkan si penjaga counter (karyawan) pun ada yang tidak mengetahui mana yg benar..!
    Saya tanya, jwbnya dia tahu cara mengisi baterai kali pertama harus 12 Jam adalah dari Konsumen..!!
    “Hmm.. Lucu !?”

  37. saya pernah denger kalo hp nokia ada komponen tertentu sehingga pengisian baterai yg baik untuk hp nokia dalam ke adaan nyala atau on apakah pendapat itu benar

  38. ,,,okey saya setuju dengan pendapat anda,,,,, karna saya sendiri jga sudah membuktikanya,,,,,

  39. bener om, ngeces 8 jam keliatanya gak masuk akal. Yg ku tau, kalo indikator batere udah menunjukkan batere penuh otomotis arus akan diputus.
    jd buat apa trus ditancepin kalo baterenya dah penuh? Yg ada malah batere jadi panas

  40. mw nanya. Apa penyebab pengsian hp sony eircsson kadang terjadi pengisian batrai asing. Apa karna batrainya atw karna chargernya? Jwb ya cob..

    Tanks..

  41. Sekedar sharing…syaran mengisi batrey pertama kali agar di cash 8 Jam itu benar, krn untuk mengeringkan shell batrey yg tdk terpakai selama disimpan….sy mengalami kejadian buruk gara2 tdk mengisi batrey 6-8 jam….hp blakcberry sy tdk kuat tahan lama batreynya dibanding hp blackberry yg kedua yg sy chas 6-8 jam ternyata lbh kuat daya tahannya…SY LAKUKAN ITU KRN SY BACA PETUNJUK PADA NOTEBOOK YG BARU SY BELI, ADA PERNYATAAN UTK MENGISI BATREY SMP 8 JAM DALAM KEADAAN MATI..

  42. Hem…………………………………..ya gan tapi ane dah terlanjur praktakin yang 8 jam,malah sekarang batrey cepet low,punya solusi?selain beli baru

  43. kalo selain hape nokia ma soner ntuh gmna? pokonya ngikutin petunjuknya aja wes… duhh, ragu juga sih.. tapi kan masih ada garansi :D
    thanks gann

  44. setuju gan,,
    saya juga ga percaya blas ma omongan tu masak suruh ngecas 8 jam bisa2 jadi melembung tu batrai, karena kelebihan karena kelebihan aliran listik yang terus menerus masuk

  45. Untuk hp masa kini, sebenarnya kita tidak perlu khawatir dengan point nomor 3, karena telah dilengkapi pemutus arus otomatis sehingga ketika baterai penuh, arus akan terhenti ke baterai.
    Bisa dibuktikan, ketika kita mengecharge hp, suhu charger dan baterai akan hangat, namun ketika penuh dan tidak kita cabut, suhu akan menjadi dingin.

  46. betul, men charge battery hp baru 8 jam,,ga da dalam buku petunjuk cara pengisian battery resmi,,yang ada cuma tunggu kira” 2,5 atau indikator battery sudah penuh sgera cabut.. referensi dari @ Sony Ericsson dan Motorola

  47. @natha: battery baru, lebih baik di charge dengan charge bawaan yang direkomendasikan oleh hanphone tersebut dalam keadaan mati, karena takutnya suply arus listrik tidak akan optimal

  48. agan,maksud kata batre digunakan ampe habis tu kita pake tu handphone ampe batrenya abis ampe tuh hape mati sendiri,gitu??jelasin donk…
    :penasaran:

  49. Di dunia ponsel pada umumnya ada 4 jenis rechargeable battery yang beredar yaitu:
    NiCD / NiCad
    NiMH / Metal
    Li-Ion / Lithium Ion
    Li-Poly / Lithium Polymer

    Karena perbedaan tersebut maka proses charging yang benar juga berbeda-beda.

    NiCD / NiCad.

    Battery NiCD adalah type rechargeable battery paling lama yang ada di dunia, dan karena kapasitasnya yang besar, maka battery ini dipilih untuk ponsel-ponsel lama yang menggunakan tenaga besar. Saat ini sudah sangat jarang atau bisa dikatakan tidak ada lagi ponsel yang masih menggunakan battery jenis ini, tidak lain karena ukuran dan beratnya yang besar, juga proses chargingnya yang merepotkan, berikut ini proses charging battery NiCD yang benar. Untuk Battery baru charge selama 12 jam nonstop, dan selanjutnya charge pada saat battery NiCD sudah benar-benar habis atau kalau perlu discharge di desktop charger dahulu sebelum menchargenya, karena battery NiCD mempunyai permanen memory effect bila dicharge pada saat tidak benar-benar habis, sehingga battery anda semakin lama kapasitasnya semakin menurun dan akhirnya mati total.

    NiMH / Metal.

    NiMH adalah generasi baru dari rechargeable battery, keuntungannya dibanding battery NiCD adalah beratnya yanglebih ringan serta memory effect yang bersifat temporary, tetapi memory effect ini bisa menjadi permanen bilamana penge-charge-an yang dilakukan tidak benar. Selain ukuran dan berat NiMH yang lebih ringan, juga battery NiMH lebih ramah terhadap lingkungan, tetapi walau begitu battery NiMH tidak bisa dibuang di sampah begitu saja, karena ada pross khusus untuk me-recycle battery jenis ini.

    Sampai sekarang battery NiMH masih sering kita temui dipasaran, terutama untuk ponsel-ponsel yang menengah kebawah, ini tidak lain karena battery NiMH harganya lebih murah sehingga bisa menekan harga ponsel secara keseluruhan, sedangkan cara perawatan battery NiMH yang benar adalah sebagai berikut. Untuk battery baru, usahakan charge battery NiMH anda paling tidak 12 jam untuk kali pertama, sedang untuk selanjutnya charge battery anda sesuai dengan petunjuk yang datang bersama ponsel anda plus sedikit tambahan (sekitar 30-60 menit) untuk memberikan kesempatan bagi battery NiMH untuk melakukan “trickle charge”.

    Usahakan pengisian dilakukan pada saat battery sudah benar-benar habis, dan tidak perlu melakukan discharge di desktop charger untuk pengisian selanjutnya seperti layaknya battery NiCD, dan bila suatu saat anda merasa terburu-buru dan tidak sempat menghabiskan battery NiMH anda, anda bisa melakukan charging walaupun pada saat tersebut battery anda belum benar-benar habis, konsekuensinya pada saat digunakan maka battery NiMH anda akan terasa cepat habis, tapi hal ini hanya berlangsung secara temporer karena bila anda sudah benar-benar menghabiskan battery anda, dan anda melakukan charging lagi, maka performa battery anda akan kembali seperti semula.

    Li-Ion / Lithium Ion

    Battery ini adalah battery generasi ke 3 dari rechargeable battery, dan keuntungannya terhadap battery NiMH maupun NiCD, adalah berat dan ukurannya yang ringan, sehingga bisa membuat ponsel menjadi berukuran kecil dan ringan. Kebanyakan ponsel yang keluar sekarang sudah menggunakan battery jenis ini sebagai sumber dayanya sehingga lambat laun harga battery Li-Ion semakin murah saja.

    Keunggulan battery ini adalah tidak adanya memory effect pada saat charging sehingga tidak perlu menunggu battery ini habis baru melakukan charge, namun demikian ada pula beberapa perawatan yang perlu dilakukan pada battery ini. Untuk battery baru, charge battery anda sesuai dengan petunjuk atau sampai lampu/indikator ponsel anda menandakan battery full, setelah itu segera lepas charger anda, demikian juga untuk selanjutnya anda tidak perlu melakukan over charge untuk mendapatkan trickle charge seperti pada battery NiCD dan NiMH, karena pada battery Lithium tidak ada istilah trickle charge, bahkan overcharge battery lithium ion bisa menurunkan kemampuannya.

    Walaupun tidak ada memory effect pada battery jenis ini, anda sebaiknya melakukan charging pada saat battery ini sudah habis atau indikator ponsel anda sudah menunjukkan “battery low”, ini dikarenakan battery Lithium Ion memiliki “life cycle” (umur charging) yang lebih sedikit dari battery jenis NiCD dan NiMH, dan tiap kali anda melakukan charging dihitung sebagai 1 kali tidak peduli anda melakukan charge sampai penuh atau tidak.

    Li-Poly / Lithium Polymer

    Ini adalah generasi terbaru dari rechareable battery, keunggulannya adalah ramah terhadap lingkungan, sedang kemampuan lainnya sama persis dengan battery LIthium Ion. Untuk perawatan battery Lithium Polymer ini sama persis dengan battery Lithium Ion, hanya saja “handling” battery Li-Poly harus sedikit hati-hati mengingat sifatnya yang liquid sehingga bisa mengakibatkan bentuk battery bisa berubah karena tekanan.

    Sumber : dari sini

  50. thanks ya infonya bermanfaat sekali, barusan jg saya dah charge lagi, padahal baru 2 jam yang lalu saya charge. Pertama kali charge sampai 8 jam, ga lama kemudian low bat, charge lagi baru 2 jam cuma didiemin dah low bat lagi…hadeuuh…

  51. Maaf mas saya nyumbang pendapat sebagai orang tehnik : Baterai HP diprediksikan rata-rata berkapasitas 1000mAh dan charge baterai daya mengisinya diasumsikan pada umumnya 120mAh berarti kapasitas baterai 1000:daya pengisian 120 = 8,3333333 jam dikurangi penyusutan pengisian antara 5-15% karena rata-rata dibaterai baru sudah ada powernya walau arusnya gak besar. Semoga membantu :) Jangan asal kalau buat artikel ah

    1. beberapa smartphone menggunakan battery control…jd emang ga perlu sampe 8 jam.cb yg high end..2011 gw pk nokia c7…misalnya gw d sarankan ngecharge 8 jam…pdhl nokia c7 akan secara otomatis memutus aliran listrik (charge) ketika batere penuh…jd ngapain mpe nunggu 8 jam toh?…lom lg dg aplikasi2 batere..doctor battery dsj yg bs mengkontrol pengisian..3 session..sessi terakhir trickle charge.kmungkinan trick charge 8 jam hanya untuk handphone2 low end atau mungkin handphone jadul gt….hehehehe..

  52. artikel ini nipu tdk sahih klo mw nannya soal beginian tanya ja sm ahlinya ke gerai pusat asli hp anda di kota terdekat jgn liat artikel ini lgsg prcya buktikan dlu dgn ilmiah

  53. ngeces 8 jam?????baru denger tuh……ane penjual hp gan (di kalimantan), tp ga pernah tuh nyuruh pelanggan ane ngeces 8 jam, mungkin penjual d daerah jawa aja yg ky gt, maklumlah org jawa mmg terkenal bnyk TUTI alias tukang tipu.

  54. yaaaah smartphone kan ada beberapa yg ktika dah full charge secara otomatis dah ga ngisi lg,alias terputus aliran listriknya secara otomatis..jd aman.laptop jg begitu…stau gw laptop yg keluaran 2006 k atas memiliki fitur yang bernama BATTERY CONTROL,Jadi laptop punya kemampuan untuk memutus arus listrik dan dialihkan ke motherboard laptop itu sendiri

  55. betul banget gan sering dapet pembohohan publik gitu dari si tukang batre di counter.. tp thanks gan buat ngelurusin keraguan gw.. cheers :)

  56. @mitra phone, ane jg orang jawa, ente kalo ngomong harap diperhatikan ya, dipikir dulu sebelum nulis komen, dari komennya dah tau orangnya kayak apa….

  57. kenapa hp sya kok di ces kk ghk bisa ngisi..
    tpi klo di mati’in hpnya kk bisa ngisi daya batrenya..

    tolong jawab ya min..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s