Otak bisa lupa?

Otak

Otak manusia merupakan perangkat yang paling kompleks di dunia. Trilyunan sel otak memiliki fungsi spesifik tetapi saling berhubungan. Mengendalikan seluruh aspek fisik dan psikis manusia. Baik secara sadar maupun tak sadar

Kapasitas penyimpanan memori di dalam otak jauh melebihi kapasitas hardisk komputer terbesar sekalipun. Otak memiliki kemampuan menangani algoritma rumit secara bersamaan dalam jumlah tak terbatas, jauh melebihi kemampuan prosesor komputer tercanggih sekalipun.

Tapi sayangnya manusia tidak mampu mengoptimalkan seluruh potensi otak tersebut. Orang genius sekelas Einstein-pun ternyata baru menggunakan kemampuan otaknya tak lebih dari 4%. Bayangkan jika kemampuan otak tersebut digunakan 100%, maka seluruh permasalahan paling rumit di dunia ini bisa diselesaikan oleh seorang manusia saja! [Atau sebaliknya ya, dunia jadi makin ruwet?]

Dengan potensi yang demikian hebatnya, sudah pasti otak mampu merekam semua kejadian sejak manusia lahir hingga mati. Sehingga kapan saja kita bisa megakses memory tentang sebuah kejadian di masa lalu dengan runut dan lengkap.

Tapi… mengapa manusia masih saja sering lupa?. Lupa hal-hal yang baru saja terjadi. Lupa menaruh kunci kendaraan. Lupa mematikan lampu. Lupa nama orang. Lupa membayar utang. Lupa istri. Lupa daratan!

———-
Gambar: Anatomi otak
Advertisements

47 thoughts on “Otak bisa lupa?

  1. fahmi! says:

    mari nulis soal utang, saiki nulis soal lupa.
    mari ngombe es teh ndek warunge budi & nggak mbayar yo? wekekekekkk πŸ˜€

  2. pramudyaputrautama says:

    Karena itu sudah sunnatullah, Yang Mbaurekso emang sengaja membuat otak manusia bisa lupa, dan dibalik semua itu pasti ada hikmahnya. Salah satunya supaya manusia yang konoo oleh Yang Mbaurekso diciptakan sebagai makhluk yang sempurna, tidak takabur.

  3. ndop says:

    yang mengukur bhwa einstein tlh mggunakan kmampuan otaknya 4 persen itu siapa? sok tau banget tuh orang.. setahu gwa 3 persen.. malah ada yg menyebutkan 30persen. yg jelas bukan angka empat.. lupa ya det? atau aku yg lupa?

  4. rinie says:

    saya suka lupa kalo ternyata saya cantik,, hahaha lupa atau narsist?????
    *mas,, ojo ngeledek to sampeyan..kan maluuu (Ohh,, yunan!)

  5. aRuL says:

    Tapi… mengapa manusia masih saja sering lupa?.

    seperti halnya komputer kadang lemot, kadang berlebihan memory yang digunakan dalam satu waktu sehingga untuk mengingatnya kelupaan gara-gara mengakses program lain yang berat juga.
    So salah satunya lupa terjadi karena beban berat πŸ˜€

    satu lagi karena otak udah lemah, artinya memorynya udah ngak kuat lagi menampung jadi butuh tambahan 1 GB lagi dah πŸ˜€

    satu lagi mungkin saja otaknya sudah rusak, seprti halnya komputer karena keseringan dimasuki program2 yg benar akhirnya tepar deh kompi, kalo otak mungkin dimasuki sama fikiran2 kotor πŸ˜› hukakakaka πŸ˜›

  6. mbelgedez says:

    Kalok tak ndak isa lupa justru bahaya Det…

    Contonya sayah, udah lupa kalok doloo deket sama Tanti, Zamrina, Triyani…..

    Naaaa,… di novelette ituh sayah sedang nyobak nginget-nginget lagee…. πŸ˜‰

  7. ulan says:

    kalo einstein pake otak nya cuma 4%, trus otak ku baru ke pake berapa persen ya.. kalo baru di pake 0, sekian kan lumayan kalo di jual lagi..

  8. risdania says:

    Haduw,,saya termasuk type short term memory,,bukan karena otak yang saya pakai kurang dari 4%,tetapi memang mungkin mem0ry otak saya cuma 64mb,,jadi harus sering di refres,,

  9. deteksi says:

    @fahmi: lho apa kamu lupa kemarin aku suruh bayar? hahaha…

    @pram: memang demikian adanya bang, tapi bagaimana mekanisme lupa itu terjadi, dan bagaimana mekanisme mengingat-ingatnya kembali…???

    @galih: bukankah di syurga katanya semua serba tersedia? ya berarti malah gak perlu pake otak :mrgreen:

    @ridu: ahahaha… itu kan kata pakar gadungan itu…

    @wafie: iyap setuju mbak yu..

    @ndop: yang mengukur kan kamu, ndop, kok lupa?! :p

    @rinie: ahahaha… masih belum lupa sama yunan ya?! :mrgreen:

    @arul: berarti memori kotor itu bisa merusak memori yang baik, begitu ya rul?

    @mbelgedez: lha iya cak, kan sudah dilupakan, kenapa diingat2 kembali kejayaan masa muda itu?! tobat cak, anak dah gede! hehehe… *ditimpuk duit se-meter*

    @ulan: emangnya otak sapi mau dijual?! :mrgreen:

    @tu2t: wah wah juga.. πŸ™‚

    @risdaniasayangku: wahahaha… ndak mungkin kapasitas otak manusia hanya 64mb.. itu mah otak nyamuk :mrgreen:

  10. Yuan says:

    Yang biasa bilang tentang otak kita yang cuma dipakai 4%, 3%, 30%, whatever… biasanya para motivator/marketing. Sepertinya itu bukan hasil penelitian empiris, hanya berdasar “katanya”…. “katanya”….

    Menurut saya, bukan belum digunakan sepenuhnya, tapi belum digunakan dengan cara yang “benar”. Bagaimana cara yang “benar” itu? entah, saya juga tidak tahu πŸ™‚

  11. deteksi says:

    @cK: mungkin jaringannya ada yang korslet chik?! :mrgreen:

    @yuan: hm… benarkah demikian, lalu yang benar berapa dong? setauku itu hasil penelitian menggunakan MRI yang mampu mendeteksi kerja otak..

  12. dimas says:

    ngak ngebayangin gimana kalo manusia bisa mengoptimalkan otaknya 50 % aja….
    4 % aja bisa buat nuklir (einstein) apalagi 50% wah wah…JANGAN -JANGAN bisa buat makhluk hidup lagi…
    hahahahaha…..

    tapi saya pribadi meragukan analisis para ahli yang mengatakan manusia baru bisa mengoptimalkan otaknya 4% (kita ambil level einstein)..
    dari sisi kemampuan otak ada benarnya. tapi jangan lupa salah satu unsur penting manusia adalah nyawa (roh), mau otaknya 2% kek, 10% kek, 101 % kek kalo tidak ada nyawa PERCUMA DUNG…
    jadi otak dan nyawa saling berkaitan, bila kita lihat dari sisi ini saya kira manusia telah mencapai peradapan yang maju saat ini (dalam artian manusia dapat memaksimalkan kemampuan otak yang disinergi dngan nyawanya)

    hehehe..itu hanya opini saya…
    salam kenal bung deteksi..
    saya akan ikuti tulisan2 anda selanjutnya.

  13. deteksi says:

    @fuad: hekekekeke…. jangan2 keliru sama otak sapi di pasar2 itu ya? :mrgreen:

    @dimas: salam kenal juga mas.. memang belum jelas sumbernya siapa yang ngukur kapasitas otak einstein itu.. tapi memang benar, otak tanpa nyawa ya ndak berarti apa2..

    @herdian: ha???!!! :mrgreen:

  14. Edi Psw says:

    Fungsi otak untuk menyimpan segala informasi, sekarang sudah digantikan oleh hard disk. Itu sebabnya kenapa hanya beberapa persen saja otak manusia yang digunakan, karena selebihnya disimpan dalam hard disk.

  15. Painem says:

    Saya sering lupa mas, tapi apa bener einstein cuma menggunakan kecerdasannya 4%… Ini kan masih belum jelas, gimana coba ngukurnya?Pakek kalkulator kali..

  16. dellash da willy says:

    OTAK,,,,,,LUPA?????
    manusia mengeluarkan biaya antara dari leher keatas sama leher kebawah,anda pasti sudah tahu apa jawabnya.
    sementara lua,,, sebenarnya yg perlu kita tanyakan bukan kenapa manusia bisa lupa tapi bagian otak mana yg bisa memproses lupa?
    setelah kita bisa mengetahui bagian otak yg mungkin bisa buat manusia mjd lupa, nah pada saat itulah kita akan mempelajari bagaimana cara mengoptimalkan otak!
    maka akan muncul orang2 yg lbh dr eintens. so….????
    gunakan otak kirimu melebihi oatk kananmu lebih sdikit.

  17. David Rosyada says:

    ugghh..yang namanya lupa itu ngeselin bgt…baru2 ini lupa naro kamera kantor…harus gantiin…bener2 harga yang mahal untuk suatu hal yang bernama lupa…

    Tapi kalo manusia ga bisa lupa juga ga kbayang…kenangan akan kesedihan atau kepahitan masa lalu bakal trus kebayang..

    tul ga?hanya sedikit memberi opini bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan ke”lupa”annya pun memiliki manfaat..

    hanya saja klo berlebihan ya salah juga..seperti saya ini…(jatohnya teledor)..hehe

  18. Anggi says:

    gie kok lupanya kebangetan yaa???
    bru beberapa detik kadang langsung ng’blank..
    ada obatnya ga tuwh ??
    bantuin dong..

    ^0^

  19. andolin says:

    kalau enstein br 4%, qw bisa2 0,04%, tapi emang lupa tu keterlaluan, qw sering bgt dibuat malu karena lupa, br kenalaln aja eh qw langsung lupa namanya, br aja atasan qw ngomong, gw lupa apa yg diomonginnya, tp qw ga’ akan lupa lu pernah nyakitin qw ADEL HENDRA, ST……………..

  20. riyoki says:

    Kita ini harus sadar diri, tidak ada manusia yang sempurna. Manusia memang tidak luput dari sifat lupa, salah dan juga dosa. Oya, satu hal lagi yang mesti kita ingat (jangan sampe lupa) semua penyakit di dunia ini ada obatnya tapiiii cuma satu yang tidak ada obatnya yaitu pikun. Allah Maha Mengetahui yang terbaik bagi hambaNya. Makanya jangan pernah lupa untuk selalu mensyukuri nikmatNya dan selalu bersabar dalam mengahadapi ujian dariNya. Oke ?

  21. wiby says:

    kyaknya qu mlahan uda makek 200% deh.. over gt, mknya jd tulalit… ktnya kro orng kbnyakan mikir itu jd botak, tp knapa monyet botaknya di pantat ya?

  22. dinapoe says:

    Ya..ya..ya…
    Saya jg sering lupa, apalagi selepas tamat kuliah 2 bulan kemarin…
    hiks, kebanyakan aktifitas apa ya??
    Klo mikir 1 masalah, masalah laen lupaaa… trus..trus..lupa..trus..trus.. lupaa..

    saran, bawa catatan kemana2.. tapi kendalanya…suka males.. Hohohoo ^0^

  23. madani says:

    aduh ntah ya, kalo gomongin lupa pasti ada maksudnya. supaya manusia dpat fokus kedepan n gak mengingat masa lalu supaya terus maju

  24. ello says:

    hahaha lupa daratan parah bgt yaaaa…. asal jgn sampe lupa istri aja..ntar bisa dipungut orang lain tuh istri kita!!!!!!!!!!!!!

  25. Radyt alias dayat alias dava alias keli alias koko alias uncu.. Yah d plh aj mo pgl ap.. says:

    Siapa di dunia ni yg tk prnh meglami sft lupa?
    Allah SWT membri sift lupa psti ada tujuan nya. Coba anda bygkn jika sifat lupa tk d miliki seseorg, ny coth smple ny ktka kmu mO mkn ciang d resto atau d mana lh, eh ng’ sgja kamu liat kotorn bintg d jalan, yah trsrh kalian saja bntg ap,, bgai mana kmu mO makn coba jika kamu slalu igat ma e’ek yg lg ngkrg d jalan tadi,, jd lupa itw adalah anugrh.. Tp lw lupa ny udh mlbihi bts bukn anugrh lg tw, itw adlh..? Ape ye?

  26. Ucha Sajalah says:

    semua nya pasti ada kelebihan dan kekurangan

    lakukan yang terbaik aja bro
    terutama buat diri kamu sendiri kalau bisa buat orang lain juga iaaaa
    jangan lupa iaaaa
    lupa lagi – lupa lagiiiii

  27. hendra says:

    lupa emnk ngebingungin…setiap manusia pastikan dda lupanya.ga dda mnusia yang sempurna…walaupn memiliki otak yang luar biasa…nah knapa bisa lupa …itu alami.. dan da btasnya…itu hya titipan maka syukurilah dan gunakan dngn sebaik mgkn…walaupn sering lupa…hehe…tetap terus belajar…

  28. Angga Sv says:

    setahu saya, ada yang namanya penyakit alzhaimer.
    yakni kelainan pada otak yang biasanya dialami oleh manusia diatas 65 tahun.
    dan semakin parah setiap pertambahan umur.
    tapi klw lupa saat usia muda mungkin bisa saja karena kekurangan nutrisi.
    bagaimanapun juga makanan juga mempengaruhi kinerja otak dong.

    namun kita bisa mengurangi resiko lupa dengan catatan kecil di buku saku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s