Obral kartu perdana!

Bantu saya menghitung berapa jumlah operator seluler di Indonesia saat ini..

  1. Telkomsel (Halo, Simpati, AS)
  2. Indosat (Mentari, Matrix, IM-3, Star One)
  3. XL (Bebas, Jempol)
  4. Mobile 8 (Fren, Hepi)
  5. Bakrie (Esia)
  6. AXIS (Axis)
  7. Telkom (Flexi)
  8. SMART (Smart)
  9. Hutchison (Three/3)

Ada yang ketinggalan?

Nah, yang bikin saya tercengang adalah harga kartu perdana yang semakin tidak rasional. Bukan, bukan mahal, justru sebaliknya, makin murah tak terkira!

Apakah sistem produksi kartu perdana di Indonesia sudah sedemikian efisien sehingga sudah bisa menghasilkan produk dengan harga yang sangat murah? Sebagai contoh, perdana hepi yang dibanderol 5000 ternyata hanya dijual 1500!

Lalu, apakah nomor telepon itu dibuat operator seenaknya sendiri? Ternyata tidak! Operator seluler tersebut memesan kapling nomer yang akan diterbitkan ke pemerintah. Namun operator seluler cenderung menghambur-hamburkan nomor tersebut. Terbukti dari tingginya tingkat kartu hangus yang dialami oleh hampir semua operator. Angkanya berada di kisaran 10 hingga 20% per tahun.

Adanya peraturan pemerintah yang mengharuskan pengguna mengisikan data diri ketika mengaktifkan kartu perdana tampaknya juga tidak banyak berpengaruh. Tanpa bisa menyebut angka pasti (maybe 68% hehe) saya menduga banyak sekali pengguna yang mengisikan data palsu. Beli perdana, pulsa dipakai, habis, buang!. Akibatnya tingkat kartu hangus masih tetap tinggi. Mungkin aturan tersebut harus disempurnakan. Penjualan kartu perdana hanya dilayani di kantor resmi operator dan harus menunjukkan KTP untuk didata, sekaligus dipotret orangnya.

Mau?

[ISTANAHOSTING]

Advertisements

32 thoughts on “Obral kartu perdana!

  1. det says:

    **terimakasih axis dan im-3, internet kalian murah dan cepat**

    [hetrik di rumah sendiri. yang lain pasti masih capek habis liburan]

  2. Jiewa says:

    Kalo aku sih selalu setia dgn operator yg warna merah itu hehe..
    Males ganti2 kartu, pusing euyy..
    Eh, aku iseng2 coba internet pake axis, tapi lemot 😦

  3. fahmi! says:

    eh, kalo beli perdana mesti dipotret orangnya, pasti akan semakin banyak blogger narsis gonta ganti nomer… kan suka dipotret 😀

  4. kaudanaku says:

    sudah seperti pampers aja, sekali pakai buang.kekekeekkekekkkkssss…….

    kalo aku? setia pake xl sejak aku bermisua. dulu? ga bisa setia, pake perdana suka gonta ganti. tapi bukan berarti gonta ganti pasangan loh yo?

  5. aze--- says:

    wak, lha situ ndiri menghambur-hamburkan kartu kok…… emang sih, sebagian besar orang mengisikan data ke kartu mereka itu palsu….. setelah abis, langsung buang….. dasar, orang2 zaman sekarang…… *muna mode : on*

  6. Mr.XL says:

    Bro, itu tingkat churn rate 10-20% tiap operator telepon datanya dpt darimn ya ???

    thanks before

  7. MrBenz says:

    Kalau saya suka pake kartu perdana sekali pake langsung buang, karena kartu perdana dgn pulsa 10rb memiliki waktu masa aktif lebih lama dibanding isi ulang 10rb.
    Mengapa kartu perdana dijual murah, karena kartu perdana memiliki expire sesuai yg tercantum di kartu perdana tsb. Apabila expire sudah dekat (sekitar 2minggu lg) terpaksa pedagang menjual rugi jg, kejar target, daripada hangus.
    Saran saya supaya tdk terkesan membuang2 kapling nomer, yg kira2 hangusnya kartu perdana tsb sudah berumur 1thn, supaya diaktifkan lagi saja sebagai nomer dgn kartu perdana yg baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s