Error 404 di Internet Banking Mandiri

Bukan hanya KPUD Jatim yang asal-asalan dalam mengelola website. Sebuah bank plat merah juga melakukan hal yang sama. Saya berhasil mendeteksi sebuah kebobrokan pada sistem internet banking mereka. Meskipun kesalahan ini tidak menyangkut sistem transaksi online, namun kesalahan sekecil apapun harusnya tidak terjadi pada sebuah sistem e-business milik sebuah bank terbesar di Indonesia.

Bermula dari niat saya mengaktifkan akun internet banking, setelah berhasil login maka saya segera menelusuri segenap penjuru website yang beralamat di http://www.bankmandiri.co.id tersebut. Satu demi satu saya pelototi dengan satu niat: menemukan kelemahan visual, kelemahan yang tampak di depan mata tanpa harus menelisik kode.

Perfect! Begitu kata saya dalam hati setelah lebih dari 1 jam mencoba satu per satu fitur yang ada. Misi selesai, dan hasilnya Internet Banking Mandiri sempurna!

Ups…! Ada yang terlewat. Yaitu bagian HELP. Apakah Mandiri juga menggarap dengan serius bagian ini mengingat biasanya jarang orang yang mengakses bagian ini? Maka saya coba satu-satu link yang ada di bagian HELP. Dan ternyata saudara-saudara, ada beberapa link yang dibalas dengan halaman ERROR 404 alias NOT FOUND!

Tentu saja hal ini tidak boleh terjadi. Bukan hanya saja karena sistem tersebut didanai ratusan juta bahkan mungkin milyaran, lebih dari itu karena ini menyangkut kredibilitas dan nama besar Mandiri. Bisa saja kepercayaan masyarakat akan turun karena curiga mungkin terdapat kesalahan yang lebih fatal.

Yang membuat saya lebih heran lagi, Internet Banking Mandiri pernah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu internet banking terbaik di Indonesia! Waw… terbaiknya saja seperti ini, bagaimana dengan yang lain ya??? (logical fallacy?)

Saya telah mengirimkan pemberitahuan sekaligus peringatan ke Mandiri sesaat setelah draft tulisan ini selesai. Jika artikel ini terbit, maka artinya mereka tidak melakukan perbaikan dalam 1×24 jam!

—–

Yiha… akhirnya saya memang harus menerbitkan tulisan ini karena baru saja saja cek ternyata ERROR 404 tersebut masih bertengger di sana. Kemarin sore sekitar pukul 3 saya ditelepon oleh Mandiri. Mereka meminta saya menunjukkan mana yang ERROR. Lalu saya bilang begini: “Sudah gini aja, bilang ke tim IT kalian kalo ada beberapa link yang dibalas dengan halaman 404. Kalo orang IT nya pinter pasti tahu maksudnya!”

Untuk menemukan kesalahan kecil saya mereka tidak bisa, bagaimana kalau misalnya sistem transaksi online mereka kebobolan? Jadi kesimpulannya, Tim IT Mandiri ternyata… [pilih: pinter, goblok]

**cuci tangan, makan pecel**

Advertisements

25 thoughts on “Error 404 di Internet Banking Mandiri

  1. cempluk says:

    detail sekali penjelasannya.Akan saya sampaikan kesalahan ini kepada tim IT. 😀

    salam hangat pihak bank

    direktur Bank Cempluk

  2. galih says:

    Tidak mudah merawat sebuah aplikasi web online yang sangat rentan terhadap serangan. Apalagi aplikasinya sangat sensitif. Skalanya enterprise lagi. Bukan hal yang mudah lho. Saya yakin tim IT Bank Mandiri tidak sebodoh yang kamu kira. Cuma karena sistemnya sangat besar dan sangat sensitif sekaligus setiap waktu diserang, mereka kurang cermat di bagian tersebut.

  3. Edi Psw says:

    Wah, repot juga ya kalau terjadi error seperti itu. Mestinya nggak boleh terjadi terhadap bank besar seperti bank mandiri, walaupun memang tidak mudah mengelola internet banking.

    Mestinya bank mandiri mencari tim IT yang mempunyai level tinggi, setingkat bank-bank lain.

    Btw, udah dicoba kesalahan yang lain nggak?

  4. ndop says:

    Loh det, belogmu yo error lo.. lha kuwi nang nduwur enek tulisan error 404..
    jangan-jangan kowe arep ngelamar kejo nang kono det? hayoo ngaku??

    btw, njaluk pecele…

  5. GUNAWAN says:

    WAH KOK BISA GITU? DANANYA BESAR LHO JADI APAPUN ALASANYA YA TIDAK BOLEH ADA EROR MESKIPUN SEDIKIT

  6. ulan says:

    om harus punya rekening mandiri dulu ya??
    aku punya nya celengan ayam e.. bisa pake internet bangking ngggak ??

    *kabur*

  7. tintin says:

    weleh .. kok bisa sampe kayak gitu .. 🙂

    jangan² dah ada backdoornya .. 😀

    hiiii .. untung nggak pake mandiri .. 🙂

  8. Shei says:

    mas iki lek masalah dana kok yo cuepet tanggap..
    😀
    yayayayaya
    gud boy..
    *elus elus palanya…
    *kayak apa hayoo..
    Ckakakakaaaaaa

  9. Ari Waluyo says:

    itu error di mana ya? apakah harus masuk login dahulu baru ketemu ya? kalo begitu bila mau coba harus jadi pelannnganya dahulu dong.

    Ada yang sudah tes bank-bank lain belom? hasilnya gimana?

  10. Nano Harsono says:

    pelayanan transfer antara bank lambat dan tdk mempunyai acuan standarisasi internasional baik dalam pelayanan maupun informasi payah ganti orang orangnya bos tidak potensial sudah afkir pola pikirnya

  11. dhêiman says:

    waduh-waduh… telat nih owe baca ni artikel.
    Padahal baru mau coba mandiri, karena kemungkinan bsr ada IBnya.
    öwê butuh IBnya, makanya õwë buka2 situs about mandiri bank, but… ëêëê…. laah kök?

  12. pitek says:

    Walah ndak jadilah saya apply IB mandiri, biar deh pake atm aja. Padahal udah niat banget nih… Tapi kalo help aja gak keurus gimana mau urus yang lebih besar seperti transfer dll ya…

  13. juntenx says:

    emang parah ,, bank nya sama kaya pengurus negara ini … sama” parah g profesional heuheuhe… akw dah jadi korban berapa kali e mandiri .. ini juga sambil posting sambil dari tadi coba masuk ke mandiri internet banking g pernah bisa … mantab gan heuhue

  14. Nasabah Mandiri says:

    Ternyata sampe ada Artikel nya, parah, aq kira 404 cuman ada di komputer sini doang. Sangat keterlaluan. Kecewa ga bisa transaksi ya terpaksa pake bank yang lain untuk transaksi internetnya, klo gini terus pasti banyak yg pindah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s