Jati Diri Bangsa Indonesia

Bangsa Indoneisa dikenal dengan adat ketimuran yang luhur. Saling menghormati, saling menghargai pendapat orang lain, berperilaku sopan dan memegang teguh kesucian: tidak melakukan hubungan sex di luar nikah.

Nenek moyang kita dikenal sebagai pelaut yang sangat tangguh. Dengan armada kapal laut yang terbuat dari kayu mampu menaklukkan berbagai belahan benua. Ini berkaitan dengan kondisi alam Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan dipisahkan dengan lautan.

Dahulu kala setiap suku bangsa memiliki sesuatu yang khas, seperti makanan khas, adat istiadat khas, bahasa khas, tata cara melangsungkan pesta pernikahan yang khas, dan sebagainya. Beraneka ragam seni dan budaya bangsa tetapi tetap satu dalam negara kesatuan Indonesia.

Semboyan yang tercengkeram di dalam lambang negara Indonesia berbunyi: Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua, yaitu Indonesia. Perbedaan tidak dimaknai sebagai sumber perpecahan tetapi sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia.

Tapi di mana jati diri bangsa Indonesia itu kini? Gempuran budaya asing membuat generasi muda kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Lalu bagaimana cara MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA tersebut? Berikan pendapat Anda! 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s