Kesalahan Umum Dalam Berasuransi

selami asuransi demi proteksi diri

Masyarakat Indonesia, menurut sebuah survei, ternyata belum sadar pentingnya asuransi. Terbukti dari keseluruhan warga negara Indonesia yang mungkin sudah mencapai 250 juta ini tidak ada 10%-nya yang memiliki asuransi atas kesadarannya sendiri.

Jika punya asuransi mungkin asuransi kendaraan yang dibelinya secara cicilan yang memang diwajibkan untuk diasuransikan, atau mendapatkan asuransi dari pemerintah berupa Kartu Indonesia Sehat, atau Kartu BPJS Kesehatan.

Sedangkan orang yang membeli asuransipun masih saja melakukan kesalahan-kesalahan seperti disebutkan Joice Tauris Santi di bukunya yang berjudul “Selami Asuransi Untuk Proteksi Diri”.

Kesalahan-kesalahan tersebut adalah:

  1. Terlalu lama memutuskan. Mendapatkan tawaran asuransi selalu menghindar, tidak terasa usia sudah tua, kemampuan financial sudah berbeda. Maka sebaiknya tidak terlalu lama dalam memikirkan mau gabung asuransi atau tidak.
  2. Membeli perlindungan yang terlalu kecil. Menginginkan pelayanan di RS kelas atas, namun membeli polis asuransi dengan premi terkecil. Sungguh lucu!
  3. Tidak mengisi aplikasi dengan benar. Saking banyaknya yang harus diisi kadang males maka diisi sedapatnya. Lalu di kemudian hari tidak mau disalahkan atas keteledorannya ini.
  4. Membeli asuransi untuk anak-anak. Lha anak-anak ini kan belum punya nilai ekonomis. Maka yang diasuransikan ya orangtuanya, bukan anak-anaknya.
  5. Menjadikan anak di bawah umur sebagai ahli waris. Anak yang belum cukup umur belum bisa melakukan tindakan atas nama hukum, maka sebaiknya tidak menjadikan anak di bawah umur sebagai ahli waris
  6. Tidak memahami produk asuransi yang dibeli. Ini yang paling sering, beli asuransi tapi malas baca rincian polisnya. Ketika terjadi sesuatu di belakang hari maka mencari-cari kesalahan orang lain.
  7. Tidak memberi tahu keluarga. Mungkin malas menjelaskan, kadang ada yang membeli asuransi tanpa memberitahu keluarganya.

Nah itu tadi apa yang saya baca dari buku berjudul “Selami Asuransi demi Proteksi Diri” yang dibagikan secara gratis di acara Sun Life Financial Indonesia di The Capri Resto Pakuwon Trade Center Minggu lalu.

Buku ini sangat mencerahkan. Sangat saya sarankan untuk dibaca semua orang agar mendapatkan informasi yang benar mengenai asuransi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s