Tips Bepergian ke Luar Negeri Pertama Kali

Jaman sekarang tiket pesawat makin murah. Mau bepergian ke luar negeri tidak lagi memerlukan budget puluhan juta. Demikian juga penginapan di luar negeri, pilihannya makin beragam. Mulai dari hotel bintang 5 hingga penginapan kelas murah melalui airbnb.

Maka tidak heran jika orang Indonesia makin banyak yang doyan bepergian ke luar negeri untuk traveling. Destinasi yang sangat populer misalnya ke Singapore dan Malaysia.

Bagi yang baru pertama kali akan bepergian ke luar negeri, berikut saya tuliskan tips yang semoga bermanfaat.

  1. Pastikan paspor masih berlaku. Yap, paspor adalah dokumen wajib yang harus kamu miliki jika ingin bepergian ke luar negeri. Paspor ada 2 jenis, yaitu paspor biasa dan paspor elektronok alias e-paspor. Untuk membuat paspor kamu harus memiliki 3 dokumen yaitu KTP, KK dan 1 dokumen pembanding yang memuat nama dan nama orang tua. (bisa akta kelahiran, bisa ijazah SD / SMP / SMA, atau buku nikah). Untuk penjelasan tentang perbedaan dan proses pembuatan paspor, maupun bagaimana cara membuat e-paspor di Surabaya silakan baca di blog budiono.net
  2. Pastikan visa masih berlaku. Yap, buat kamu yang akan bepergian ke negara-negara non ASEAN, kamu harus memiliki visa yang masih berlaku. Visa adalah semacam izin yang diberikan oleh negara tersebut kepada kamu ketika akan datang ke negara tersebut. Visa dapat diurus di kantor kedutaan besar atau kantor konsulat jenderal di kotamu. Tapi kalau mau pergi ke Singapore atau Malaysia, kamu tidak perlu visa.
  3. Berburu tiket pesawat murah sejak jauh hari. Ini tips yang paling manjur yaitu pesan tiket jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Dengan memesan tiket sejak jauh hari, maka kamu berpeluang besar mendapatkan tiket yang murah. Selalu pantai situs-situs online travel agent yang menyediakan tiket penerbangan murah.
  4. Berburu hotel murah sejak jauh hari. Sama halnya dengan pesawat, berburu hotel murah juga bisa dilakukan sejak jauh hari sebelum tanggal keberangkatan supaya bisa mendapatkan diskon.
  5. Bawa pakaian yang sesuai. Nah ketika mau bepergian ke negara lain, pastikan kamu membawa pakaian yang sesuai dengan iklim di sana. Jangan sampai datang ke negara bersalju, namun tidak membawa mantel sama sekali.

Nah itu tadi beberapa tips bagi kamu yang ingin bepergian ke luar negeri untkuk pertama kali. Semoga bermanfaat dan perjalananmu lancar ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s