Categories
OPINI

Kepemimpinan Jokowi di mata Luhut Panjaitan

Luhut Panjaitan dalam diskusi kenegaraan di ITS kapan hari memberikan pandangan tentang kepemimpinan Jokowi. Banyak orang menganggapnya klemar klemer, tidak tegas. Tapi di mata Luhut Panjaitan, Jokowi adalah sosok presiden yang sangat tegas, bahkan lebih tegas dari presiden sebelumnya. Namun ketegasan Jokowi tidak diwujudkan dalam perkataan atau perintah bernada tinggi. Gaya bicara Jokowi memang khas Wong Solo.

Masih menurut Luhut Panjaitan yang sudah kenal Jokowi sejak masih jadi walikota Solo, Jokowi ini sosok presiden yang cerdas dan berfikir jangka panjang. Visioner. Nah ini kadang membuat orang, terutama yang sejak awal sudah tidak suka, terus merasa tidak puas karena yang mereka inginkan adalah perubahan kecil jangka pendek. Sedangkan Jokowi sekarang ini sedang merencanakan perubahan besar jangka panjang dimana untuk mencapai hasil akhirnya dibutuhkan proses yang tentu saja memerlukan pengorbanan.

Buat saya pribadi, saya mendukung apa yang sedang dijalankan oleh Jokowi sekarang ini. Merubah Indonesia dari carut marut menjadi baik tentu butuh proses. Tidak bisa seperti membalik telapak tangan. Mestinya seluruh rakyat Indonesia saling bahu membahu memperbaiki negeri ini. Merevolusi mentalnya. Bukan malah menghambat, merecoki, menjegal tapi di waktu yang sama berharap adanya perubahan menjadi lebih baik.

Saya sangat tidak setuju jika ada yang koar-koar ingin segera menjatuhkan presiden. Dikiranya jadi presiden itu gampang. Menurut saya, yang koar-koar itu belum tentu mampu jadi presiden. Oh, jadi presiden aja belum tentu bisa, apalagi menjalankan tugas presiden yang sungguh berat.

By deteksi

Happy WordPress user, located in Surabaya, Indonesia

Leave a comment